2 Okt 2007

Sahur on The Spot KOMMIK Sukses Digelar

Inilah kali pertama dalam sejarah di PT MIK. Sahur on the spot. Acara yang digagas rekan-rekan Komunitas Motor MIK (KOMMIK) ini berlangsung pada 29 September 2007, bertempat di Panti Asuhan Al-Hasanat, Mampang Prapatan, Jaksel. Sejak awal, panitia kecil yang dikomandani Ary Kurniawan ini sudah menyusun rencana. Berbekal dari obrolan ringan di warung makan, tercetuslah ide untuk mengadakan sahur bersama. Awalnya, konsep acara ini adalah sahur on the road, yakni membagi-bagikan makanan sahur kepada orang-orang yang yang ditemui di jalan. Namun, seiring waktu, konsep tersebut diubah menjadi sahur on the spot, karena dianggap lebih efektif dan mengenai sasaran.

Rapat kecil-kecilan pun diadakan. Entah itu di warung makan atau di kantor, bahkan via email atau chatting sekalipun. Berbekal niat mulia untuk berbagi dengan sesama, acara ini pun sukses digelar berkat dukungan dari semua pihak.

Jumat (29/9) sore, sebagian peserta SOS sudah berada di kantor MIK yang berlokasi di Taman Perkantoran Kuningan, karena memang saat itu bertepatan dengan pelaksanaan buka puasa bersama PT MIK Groups. Sebagian ada yang memutuskan mengikuti buka puasa di kantor dan dilanjutkan dengan SOS, tapi ada pula yang memilih buka puasa di rumahnya masing-masing dan kemudian mengikuti acara SOS ini.

Pukul 20.00 WIB, acara buka puasa bersama selesai dilaksanakan dan sebagian peserta memilih tetap berada di kantor sampai waktu pelaksanaan SOS tiba. Memang, manajemen PT MIK memberikan izin kepada panitia untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas lantai 9 Graha MIK sebagai tempat persiapan SOS. Peserta SOS pun berkumpul di sana. Dan, di lantai 9 inilah, peserta menghabiskan waktu sambil menunggu keberangkatan menuju lokasi acara.
Sat per satu peserta yang memilih untuk pulang terlebih dahulu pun mulai berdatangan ke kantor. Umumnya, mereka datang dari rumah dengan sengaja membawa serta suami atau istri. “Gue ngajak istri karena ingin berbagi kebersamaan saja. Belakangan ini gue ngerasa urang ada waktu buat jalan-jalan bareng istri. Jadi, acara ini sekalian aja buat jalan-jalan,” ungkap Bimo, yang saat itu membonceng istrinya dengan motor Thunder yang baru dibelinya beberapa bulan lalu.

Namun, sangat disayangkan acara diskusi safety riding yang rencananya dilangsungkan malam itu batal dilaksanakan karena berbagai pertimbangan. “Diskusi ini terpaksa dibatalkan karena pada waktu yang telah ditentukan, peserta SOS belum terkumpul semuanya, “ ujar Ary Kurniawan, ketua pelaksana SOS. Acara pun digantikan dengan hanya sesi briefing keberangkatan. Dalam sesi ini, peserta diberikan gambaran mengenai lokasi kegiatan dan rencana keberangkatan menuju lokasi acara. Selain itu, peserta pun diberikan sedikit pengetahuan mengenai tata cara berkendara aman dalam rombongan.
Karena malam itu membeludak dengan motor masing-masing, peserta dibagi menjadi beberapa rombongan atau kelompok kecil keberangkatan, dengan tujuan agar memudahkan koordinasi selama perjalanan dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Satu kelompok ini terdiri atas 10 motor, termasuk pemimpin grup (SO) dan sweeper.

Tepat pukul 02.00 WIB, mengambil start dari lantai semi-basement Graha MIK, satu per satu kelompok dibarangkatkan. Petugas yang telah ditunjuk mulai menjalankan tugasnya. Keheningan malam di rute Kuningan-Mampang pun terpecah dengan deruman suara motor peserta SOS.

Tak sampai 30 menit, rombongan tiba di lokasi acara. Rombongan pun diarahkan untuk memarkir motor masing-masing di depan panti asuhan yang notabene memasuki gang kecil. Sementara itu, mobil-mobil yang membawa logistik SOS hanya bisa parkir di mulut gang.
Setelah memarkirkan kendaraan masing-masing, peserta SOS memasuki aula. Di sana telah mananti sekitar 55 anak yatim piatu yang akan diajak sahur bersama. Tampak raut ceria dan polos terpancar dari wajah mereka.

Inilah saatnya untuk berbagi. Dalam sambutannya, Ary Kurniawan selaku ketua panitia berharap kegiatan ini bukan yang terakhir dilaksanakan oleh MIK, dan khususnya KOMMIK. “Mudah-mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi, baik di tempat ini maupun di tempat lain yang sangat membutuhkan,” tutur Ary.
Acara ini disambut baik oleh pengelola panti asuhan. H.Firdaus selaku ketua yayasan mengucapkan banyak terima kasih karena telah berbagi dengan yatim piatu binaannya. Dalam sambutannya, bapak yang selama 10 tahun memimpin panti asuhan ini berharap semoga segala amal baik yang diberikan oleh karyawan dan pimpinan MIK dibalas oleh Allah SWT.
Diwakili oleh Head of Production MIK, Suluh Tripambudi Rahardjo, sumbangan dana yang terkumpul dari karyawan dan pimpinan PT MIK diserahkan kepada pengelola panti asuhan. Sementara itu, pakaian layak pakai diserahkan secara simbolis oleh ketua penyelenggara acara SOS, Eko Setiawan.

Tak terasa, saat itu jam menunjukkan pukul 03.15. Saatnya untuk makan sahur. Satu per satu nasi bungkus yang dibawa dari kantor, diserahkan kepada para yatim piatu dan peserta SOS. Tampak suasana kekeluargaan saat itu. Peserta SOS dan para yatim piatu berbaur dalam satu tempat untuk makan bersama. Sungguh nikmat makan sahur saat itu.

Tak lama setelah acara sahur bersama dan sedikit istirahat, gema adzan shubuh berkumandang. Namun, karena saat itu tidak memungkinkan untuk menunaikan ibadah sholat shubuh berjamaah di mushala, pelaksanaan sholat subuh ini dialihkan ke aula tempat pertemuan dan sahur tadi. Setelah sholat shubuh yang dipimpin oleh imam yang masih belia ini, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan pembagian sumbangan kepada para yatim piatu. Memang, sumbangan yang diberikan kepada masing-masing anak ini jauh dari kata besar. Namun, sekecil apa pun yang kita berikan kepada orang yang membutuhkan, semoga menjadi pahala bagi kita semua…amin…

Suasana haru dan kesan mendalam begitu terasa saat harus berpamitan pulang. Satu per satu yatim piatu menyalami para peserta SOS. Sungguh momen yang tak akan terlupakan. Setelah berfoto bersama, para peserta SOS bergegas menuju kendaraannnya masing-masing karena saat itu menunjukkan hampir pukul 05.00. Kali ini peserta langsung menuju rumah masing-masing.

Semoga segala amal baik yang telah kita perbuat dibalas oleh Allah SWT. Amien…
Ayo…ditunggu partisipasi Anda dalam acara-acara KOMMIK lainnya. Next time…kita jalan-jalan ke Anyer, yuk!. (willy)

1 komentar:

chaiyo mengatakan...

btw, bisa minta alamat en nama panti asuhannya yg di daerah mampang ?

Salam,

Cahyo
htpp://baju-anak.com
http://cahyodwi.com