26 Sep 2007

Buka Puasa dan Sahur Bersama HTML Jaktim

Sabtu, 22 September 2007, bisa jadi merupakan hari istimewa bagi Mas Muji dan HTML Jakarta Timur. Sore itu, Mas Muji dan keluarga mengadakan acara buka puasa bersama di kediamannya di daerah Cipinang. Pada kesempatan Ramadhan kali ini, tuan rumah mengundang rekan-rekan HTML untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Acara saat itu terasa lebih istimewa lagi karena dihadiri rekan-rekan HTML Jakarta Selatan dan Pulsarian.
Sejak pukul 16.00, satu per satu rombongan HTML berdatangan. Namun, ada pula yang datang sendiri-sendiri. Selain itu, ada pula member HTML yang datang lebih awal untuk sekadar bantu-bantu mengurusi tempat dan keperluan lainnya di lokasi acara. Sore itu, saat member HTML belum komplet datang, sat per satu yatim piatu dari sekitar lokasi rumah berdatangan, baik datang sendiri maupun diantar orangtuanya. Ya, acara buka puasa ini disertai pula penyerahan sumbangan bagi yatim piatu.
Sekitar pukul 05.15, rombongan besar HTML Jaksel sudah merapat di rumah tuan rumah. Lokasi rumah yang agak masuk ke lorong-lorong perumahan, membuat sedikit sungkan para member HTML karena takut mengganggu ketenangan karena suara knalpot Tiger, sehingga ada yang dengan kesadaran sendiri rela mendorong motor kesayangannya menuju tempat parikir yang telah disediakan.
Acara diawali dengan tausiyah dari ustadz setempat. Dalam cermahnya, Pak Ustadz mengatakan bahwa ternyata dengan berkumpulnya banyak motor, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, salah satunya buka puasa dan santunan untuk anak yatim ini.
Selanjutnya, sebelum azdan magrib berkumandang, satu per satu yatim piatu yang diundang, dipanggil untuk menerima sebuah amplop yang berisi sumbangan dari Mas Muji dan keluarga. Raut bahagia terpancar dari wajah bocah-bocah yatim piatu ketika menerima amplop yang langsung diberikan oleh ibu Muji ini. Sungguh mulia hati keluarga ini. Kami doakan semoga rizki yang diberikan terus lancar dan bertambah banyak.
Kumandang azan dari mesjid pun terdengar. Ini tanda bahwa sudah saatnya berbuka puasa setelah seharian menahan lapar. Baik rekan HTML maupun para yatim piatu pun segera menyantap aneka makanan yang tersaji. Sungguh kenikmatan tersendiri dapat berbuka puasa dan berbagi kebahagiaan bersama para yatim piatu.
Setelah menyantap hidangan pembuka, rekan HTML segera menuju mesjid uintuk menunaikan ibada sholat magrib. Afdol sudah ibadah hari itu. Sekarang tinggal mungurusi masalah perut.
Tapi, eits…tunggu dulu, sebelum makan, panitia membuat sebuah kejutan untuk Mas Muji. Tak dinyana dan tak disangka, ternyata hari itu merupakan hari ulang tahun Mas Muji. Sebuah cake coklat yang penuh dengan lilin dibawa ke depan hadirin. Hadirin pun diminta merapat untuk menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Sungguh momen yang istimewa bagi keluarga Mas Muji. Di hari kelahirannnya ini, Mas Muji pada khususnya bisa berbagi kebahagiaan dengan para yatim piatu dengan membagi-bagikan sumbangan. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT.
Setelah puas mengisi perut dan ngobrol, selain kelompok yatim piatu, rombongan Jakarta Selatan pun pamit undur diri mengingat waktu sudah mununjukkan pukul 19.30. Maklum jarak antara Cipinang dan Jakarta Selatan cukup jauh. Kini, hanya Jaktim yang masih stay di kediaman Mas Muji. Tapi, lama kelamaan satu per satu pamit undur diri dengan berbagai alasan.
Saat itu pula, tercetus rencana untuk mengadakan sahur bersama di rumah tuan rumah. Maklum, rencana awalnya memang akan ada sahur on the road yang berlokasi di Jalan Paus. Namun, karena berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk sahur bersama di rumah Mas Muji. Mungkin, ini jadi sejarah tersendiri bagi HTML Jakarta Timur. Buka dan sahur bersama di tempat yang sama.
Setelah pamit, meluncurlah rombongan Jalan Paus untuk sekadar mengisi waktu sambil menunggu waktu sahur. Setibanya di Paus, diterima kabar bahwa ketika acara buka puasa tadi, rombongan Denyut RC menyambangi tempat tongkrongan Paus untuk sowan. Namun, karena saat itu di Paus tidak ada orang, mereka kembali lagi ke tempat kopdarnya di bilangan Monas.
Untuk menghindari anggapan kurang baik yang mungkin muncul dari mereka, maka HTML Jaktim membalas kunjungan Denyut RC malam itu juga. Sekalian memohon maaf atas miskomunikasi yang terjadi ketika kedatangan Denyt RC ke Jalan Paus. Sebelum berangkat ke Monas, rombongan Jakarta Barat pimpinan Aji cs datang untuk meramaikan Paus malam itu. Tanpa sungkan meskipun rombongan ini baru datang, HTML Jaktim pun mengajak HTML Jakbar untuk berangkat bersama menuju tempat kopdar Denyut RC di Monas. Setelah disetujui, rombongan pun diberangkatkan.
Mungkin karena saat itu malam minggu, banyak sekali ditemui rekan biker di jalan sepanjang perjalanan menuju Monas. Bahkan, rombongan pun sempat bertemu rombongan tiger dari salah satu klub di Jakarta.
Sesampainya di Monas, rombongan langsung disambut hangat teman-teman Denyut RC. Setelah bersalaman khas ala biker, tuan rumah dan Jaktim+Jakbar berkumpul untuk menyampaikan maksud kedatangan ke tempat kopdar Denyut RC itu.
Malam itu suasana semakin ramai dengan kedatangan rombongan tiger dari banten, Combat. Suasana kekeluargaan pun tampak menyapa malam itu.
Kurang lebih setengah jam kemudian, rombongan Jaktim pamit undur diri karena sudah mendekati waktu sahur dan harus kembali ke Puas untuk selanjutnya sahur di rumah Mas Muji. Rombongan pun diberangkatkan dalam satu kloter.
Tapi, sesampainya di Paus, ternyata jam masih menujukkan pukul 02.00 WIB. Karena masih ada waktu menuju sahur, acara nongkrong malam pun dilanjutkan. Pukul 02.30 rombongan mulai berngkat menuju rumah Mas Muji. Selang beberapa puluh menit selanjutnya, rombongan kedua diberangkatkan.
Setelah semua terkumpul, rombongan rehat sejenak untuk sekadar menghilangkan cape sambil menunggu santapan sahur keluar dari dapur. Dan, akhirnya, tak lama setelah itu, makanan sahur tersaji di meja. Tanpa basa-badi namun atas seizing tuan rumah, rombongan langsung menyantap hidangan yang disediakan. Tak lupa, tuan rumah juga mengudang tetangga rumah untuk ikut serta makan sahur bersama. Sungguh sahur yang indah.
Menjelang imsak, rombongan pamit undur diri menuju rumah masing-masing. Terima kasih untuk Mas Muji dan keluarga atas undangannya.

Tidak ada komentar: