17 Jan 2008

BUSWAY atau BUS WAY?

Jika Anda memperhatikan berbagai papan informasi yang terdapat pada berbagai fasilitas umum dan biasa melintasi jalur-jalur Kota Jakarta, terutama yang sering naik Transjakarta, mungkin akan menemukan hal yang ganjil dalam penulisan kata BUSWAY. Di satu tempat, Anda mungkin akan menemukan kata Busway yang tertulis terpisah (BUS WAY). Tapi, di tempat lain Anda juga akan menemukan kata tersebut ditulis menyatu (BUSWAY). Manakah yang benar di antara dua pilihan tersebut? Ya, dikatakan pilihan karena operator menggunakan dua-duanya.

Tampaknya operator pembuat papan informasi ini kurang jeli menuliskan satu kata tersebut. Ini memang perkara kecil, tapi karena ini pasti akan dibaca banyak warga, yang tentu di dalamnya banyak kalangan yang paham penggunaan bahasa yang baik dan benar, hal ini seharusnya tidak ada terjadi. Terlepas ditulis secara terpisah ataupun digabungkan, seharusnya operator menulisnya dengan konsisten. Jika mau ditulis terpisah, semua

nya harus terpisah. Jangan sampai di satu tempat ditulis terpisah,

namun di tempat lain ditulis digabungkan, seperti yang terjadi saat ini. Hal ini tentu membuat warga bingung menentukan mana kata yang benar dan seharusnya digunakan.

Adanya perbedaaan dalam penulisan ini (bisa jadi) menandakan operator pembuat informasi pada fasilitas umum tersebut tidak jeli dan kurang mengerti dalam penulisan sebuah kata/frasa dalam sebuah bahasa. Apakah mereka memang tidak mengerti bahasa Inggris sehingga penulisan kata BUSWAY saja berbeda-beda?

Hanya Tuhan yang tahu....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Apapun tulisannya harga tiket sama kan mas? hmmm, kayaknya pada ga protes kalo tarif sama disemua halte meskpipun tulisannya beda hehehe

bla mengatakan...

heheheee.....tulisan saya emang ga terlalu penting, tapi yang penting pelayanan...bukankah begitu? itu cuma sekadar wacana, kok.

Anonim mengatakan...

Bagi beberapa orang, tulisan anda berguna. Untuk mengetahui mana yang benar dalam penulisan kata tersebut, terlebih bagi saya yang mempelajari Bahasa Indonesia. Namun, akan lebih baik jika diberikan jawaban atas masalah yang anda tulis, sehingga akan memberikan manfaat bagi banyak orang. Terimakasih.